Senin, 17 Maret 2008

Dana Ormas Pemprov Riau Rp 190 M Dinilai Rawan Korupsi

Pekanbaru - Tidak tanggung-tanggung, Gubernur Riau Rusli Zainal menyediakan anggaran bantuan organisasi masyarakat sebesar Rp 190 miliar dalam APBD 2005. Anehnya, Rusli enggan menyebutkan ormas mana saja yang akan dia bantu. DPRD Riau pun mensinyalir dana tersebut rawan akan korupsi.

Pasalnya, dana ormas ini konon yang paling besar di Sumatera. Padahal, jumlah penduduk di Riau yang semula 4,5 juta sudah berkurang setelah Kepri memisahkan diri jadi provinsi baru. Kendati demikian, biaya untuk Ormas malah bertambah banyak.

Menurut Ketua Fraksi PKS DPRD Riau, Nurdin, dan ormas yang fantastis itu menimbulkan kecurigaan. Sebab, dalam pengajuan dana ke DPRD tidak disebutkan nama-nama ormas yang akan dibantu. Dalam APBD Riau tahun 2005 hanya tertera dana bantuan Ormas Rp 190 miliar tanpa ada penjelasan siapa yang akan menerimanya.

"Ini kan aneh, masak dana sebanyak itu tidak jelas siapa yang akan menerimanya. Padahal, APBD uang rakyat yang mesti kita pertanggunggjawabkan secara bersama. Karena tidak penjelasan tersebut, maka kami khawatir dana ormas ini akan korupsi," kata Nurdin kepada detikcom di Pekanbaru, Sabtu (30/04/2005).

Menurut Nurdin, pihaknya bukan tidak berupaya meminta klarifikasi kepada Gubernur Riau Rusli Zainal tentang pengalokasian dana tersebut. Perlunya penjelasan rinci dari Rusli Zainal diperlukan agar dewan mengetahui ormas mana saja yang akan menerima bantuan tersebut.

"Tapi sampai APBD Riau tahun 2005 disahkan mendagri, Rusli tidak bersedia menjelaskan soal dana ormas itu. Sekarang kita bingung, ormas mana saja yang akan menerima dana bantuan itu. Karena tidak ada penjelasan, kita patut curiga, jangan-jangan dana ormas akan diberikan kepada yang tidak layak untuk menerimanya," kata Nurdin.

Sedangkan Edi Ahmad RM, anggota DPRD Riau dari partai PDK, menyatakan sejak awal pembahasan APBD Riau terjadi pro dan kontra akan penjelasan ormas mana saja yang akan dibantu gubernur. Sebab, bila menyebutkan nama-nama ormas dalam APBD itu, justru akan menimbulkan saling kecemburuan sesama ormas.

Atas dasar pertimbangan itu, sehingga sebagian anggota DPRD Riau menyetujui untuk tidak menyebutkan nama Ormas itu. Kendati demikian, Edi mengingatkan, agar gubernur benar-benar menyeleksi sejumlah profosal Ormas yang akan meminta dana bantuan tersebut.

"Yang terpenting sekarang adalah, kita akan tetap mengawasi soal dana bantuan Ormas tersebut. Kita ingatkan kepada gubernur, agar Ormas yang dibantu harus memiliki program yang jelas. Dan kita juga akan meminta pertanggungjawaban atas bantuan itu kepada gubernur," kata Edi RM.

Gubernur Riau Rusli Zainal yang pernah dikonfirmasi detikcom soal rawan korupsinya dana ormas ini, membantah keras. Menurutny, dana Ormas itu sudah disetujui pihak DPRD. "Kiranya jangan asal menuding. Apanya sih yang mau dikorupsi," kata Rusli dengan nada emosi. ( gtp )

sumber :
http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2005/bulan/04/tgl/30/time/153200/idnews/352820/idkanal/10


Tidak ada komentar: